Jumat, 13 Juli 2012

Negara yang Mendobrak Ekonomi Dunia di Masa Depan

Era kejayaan negara-negara anggota BRIC, seperti Brazil, Rusia, India dan China akan mulai pudar. Dan kini masa depan perekonomian dunia akan berada di genggaman empat negara yang disingkat MINT. 

Menteri Keuangan (Menkeu) Chatib Basri mengungkapkan, keempat negara berkembang penggerak ekonomi dunia di masa mendatang, antara lain Meksiko, Indonesia, Nigeria dan Turki. 

"Saya cek dengan Jim O'Neil (Ekonom Senior) untuk melakukan interview, dan dia tanya mengenai Indonesia. Jadi dilihat dari perkembangan terakhir istilah BRIC tidak sepenuhnya relevan lagi sekarang," ujarnya di Jakarta, Selasa (7/1/2014) malam. 

Mengutip ucapan O'Neil, Chatib menyebut, bahwa empat negara dengan sebutan MINT itu sebagai New BRIC. Dia juga optimistis jika Indonesia tetap memiliki kekuatan ekonomi besar dalam perekonomian dunia. 

"Disebut New BRIC karena negara-negara itu punya pasar yang besar, pertumbuhan ekonomi yang sangat kuat, dan mereka lihat Indonesia tetap sebagai power economy," tegas dia. 

Chatib menambahkan, O'Neil sangat konsen terhadap permasalahan infrastruktur di Indonesia. Inilah yang menjadi tantangan besar bagi negara ini untuk bisa meningkatkan perekonomian domestik maupun global.

Seperti dikutip dari BBC, Senin (6/1/2014), di masa depan, kombinasi kekuatan empat negara MINT dapat mematahkan BRIC dan menembus 10 besar daftar perekonomian negara terbesar di dunia.

BRIC dikenal sebagai negara dengan jumlah populasi penduduk yang besar, kelompok tersebut memiliki kawasan demografis yang sangat baik guna menunjang pertumbuhan ekonominya. Terdapat juga potensi peningkatan kemampuan dan keahlian tenaga kerja yang besar di empat negara tersebut. 

Dibandingkan dengan BRIC, MINT memiliki beberapa keunggulan yang lebih besar, baik dari segi geografis, ekonomi, maupun politik. 

Menteri Luar Negeri Meksiko, Jose Antonio Meade Kuribrena menegaskan, negaranya memiliki semua posisi geografis yang dapat bermanfaat sebagai pengatur pola perubahan sistem perdagangan dunia. Meksiko merupakan pintu utama lain untuk masuk ke pasar Amerika Serikat (AS) dan tidak terbatas pada Amerika Latin saja.

Sementara Indonesia berperan sebagai jantung Asia Tenggara dan juga memiliki hubungan yang sangat dekat dengan China. Sebagaimana telah diketahui banyak pihak, Turki merupakan negara yang masuk ke kawasan Barat dan Timur.

Terakhir, Nigeria akan terus berkembang jika negara-negara di Afrika berhenti saling bersaing dan bekerja sama mendorong perdagangannya.

Penyatuan empat negara berkembang ini juga diprediksi dapat memberikan dorongan lebih besar bagi Nigeria untuk menjadi anggota G20 seperti yang telah dilakukan tiga negara lainnya.

Sumber http://bisnis.liputan6.com/read/794609/empat-negara-pendobrak-ekonomi-dunia-di-masa-depan#sthash.oYMeSKn1.dpuf